Minggu, 28 Februari 2010

Shalat Daud dan Shaum Daud

Bismillah

Tahukah kawan apakah itu shalat Daud?? yayayaya waktu saya mendengar pertama kali kata Shalat Daud, saya sempat berpikir kalau shalat Daud itu sehari shalat sehari enggak (wah enggak bener nih tenyata).. Jadi ya kawan, SHALAT DAUD itu adalah nama lain dari nama Qiyamul Lail alias Shalat malam (tahajud), tapi bukan berarti sekarang shalat malam terus besok enggak sholat malam, BUKAN begitu pengertiannya, yang jelas Shalat Daud itu nama lain dari Shalat malam (tahajud), dan boleh bahkan dianjurkan sekali untuk bangun disetiap sepertiga malam untuk Shalat malam (tahajud).

Yang saya tahu, Qiyamul lail alias shalat malam itu merupakan satu-satunya sholat sunnah yang langsung dicover dan disebutkan didalam Al-Qur'an  bisa dilihat di Q.S al-isra ayat 79, al-mujamil ayat 2 dan masih banyak lagi kalau dicari mah ^^) wah hebattt yah itu lah keistimewaan Qiyamul lail, selain disebutkan di dalam hadis (ini mah tentu) disebutkan juga dalam al-qur'an.. Nah, kalau shalat sunnah yang lain seperti shalat dhuha, shalat gerhana dll disebutkannya hanya dalam Al-Qur'an saja (hmm bener ga ya?? bener kayaknya ^^)..

itulah sekilas tentang Shalat Daud, nah kalau Shaum Daud udah pada tau donggg yahhh...

Yayayaya kalau shaum Daud pasti pada tau semua, Shaum Daud itu sehari shaum, sehari enggak..Kalau dalam Islam yang saya tahu enggak ada tuh shaum setahun penuh (tiap hari shaum)..
hal tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Bukhari Muslim, begini katanya:
Abdullah bin Amr berkata:
 "Rasulullah bersabda kepadaku: wahai Abdulah bin Amr sesunggunya kamu benar-benar bershaum sepanjang tahun dan bershalat malam; dan sesungguhnya kamu apabila melakukan yang demikian, maka matamu menjadi cekung dan diri (fisik) kamu menjadi lemah. Tidak ada shaum bagi orang yang bershaum selama-lamanya; (yang ada hanya) shaum 3 hari tiap bulan (tiap 3 hari dipertengahan bulan Islam);
Abdullah bin Amr pun bertanya/berkata  (kepada nabi): aku mampu lebih banyak dari itu (dari 3 har shaum maksudnya);
Rasulullah saw pun bersabda: shaumlah dengan Shaum Daud, (shaum daud) yaitu shaum sehari dan berbuka sehari, dan tidak lari kalau ketemu musuh."

Terus terus ada juga Hadis yang menyebutkan bahwa SHolat Daud dan Shaum Daud itu sangattttt dicintai oleh Allah, ini dia hadisnya:
"Shaum yang paling dicintai oleh Allah adalah Shaum Daud dan sholat yang dicintai oleh Allah ialah sholat Daud; tidur setengah malam (3/6)nya, Qiyamullailnya 1/3 malam, dan tidur 1/6 nya; dan shaum sehari buka juga sehari (Shaum Daud) ----> HR Abu Daud dan Imam Ahmad..

yayayaya jadi untuk sekarang sudah tahuuuu yah apa itu Shalat Daud dan Shaum Daud :)


8/11/09

6 komentar:

  1. Wah seneng sekali melihat nak seusiakamu dah pinter nulis artikel islami....moga jadi anak yng berguna bagi nusa dan bangsa,bagi agama qita juga tentunya...amin2

    BalasHapus
  2. aminamin hehehe..makasih :) waduh alhamdulillah saya masih tampak muda yaa hehe

    BalasHapus
  3. kata2nya ngak mbosenin ^_^

    BalasHapus
  4. waduh jadi malu :), makasiihhhh :)

    BalasHapus