Selasa, 29 Januari 2013

Urgensi Mushalla di Mall



Hari ini saya mau nonton film Ainun Habibie yang ke-2 kalinya sama teman. Tapi sebelumnya saya ke perpus dulu dan pulang sore. Teman saya pun mengsms sebelumnya, dan pas 20 menit kemudian saya pun membalasnya, dan pending. Lah ni temen saya ga bener nih, katanya mau nonton giliran di telepon terus di sms eh malah pending, kaya mati gitu hp nya. Wes lah pikir saya, kayaknya dia ketiduran deh. Kemudian saya pun pulang lah, tapi sebelumnya saya beli dulu memory card untuk MP3 saya, waduhh harganya naik lagi masa yang 4 GB jadi 35 ribu, padahal sebelumnya 30 ribu doang. Kata abang-abangnya sih udah naik seminggu ini. Hoalah kenapa ga minggu kemarin aja saya beli nya yak.
Setelah beli memory card, saya pun lapar, baru inget kalo dari pagi belum makan. Baru makan mie ayam aja hahaha belum makan nasi kan belum makan orang Indonesia mah. Saya pun beli lah gorengan, kemudian diteruskan membeli ayam penyet bu Erte yang terkenal enak banget kalau di Monumen Dipati Ukur. Sebelumnya sih saya mau beli soto Purbalingga, tapi ternyata ga jualan. Nah pas baru aja saya mau makan, teman saya pun bales sms katanya dia ketiduran, nah kan bener saya bilang. Dan dia sebentar lagi on the way mau nonton di BIP. Widihhhhh, baru aja saya mau makan, walhasil saya cepet-cepet makannya mana panas lagi, tidak diresapi karena langsung nelen aja hehe. Karena saya khawatir temen saya keburu jemput di halte, maka saya bungkus aja deh sebagian makanannya dan bergegas kesana. Halte damri pun menjelang jam sore, disana ternyata ada seorang ibu yang ketinggalan Damri, dan kini dia sedang menunggu menjemput dari Jatinangor. Ternyata suami ibu itu dosen juga di Riau tapi, dan sekarang sedang mengambil S3 di Unpad. Keren yaa. Sama ibu itu pun saya ngobrol ngalor ngidul. Lamaaaa banget kita berdua nunggu jemputan, ya suami ibu itu, ya temen saya juga. hadeuhhh mana bau pesing lagi nih halte, cape dehhh. Akhirnya suami ibu itu pun datang lah, pas temen saya pun nyampe pula, lah ternyata dia dari Rumah Sakit dulu, beuhh tau gitu makan nya tadi diabisin dulu deh. Haha.
Kita pun meluncurlah ke BIP, karena waktu sudah menjelang maghrib, kita pun sholat maghrib dulu di BIP. Saya sangat apreciate sekali deh sama mall BIP, karena punya mushalla yang nyaman. Saya suka kepikiran deh kenapa sih mall-mall itu jarang banget punya mushalla yang nyaman, padahal kalau kata saya salah satu kebutuhan dari pengunjung di mall itu ya tempat ibadah, alias mushalla yang nyaman dan ga sempit, apalagi pengap. Kalo mushalla di mall Braga ya gitu deh, di pojok dan pengap, lumayan bersih sih, tapi ga nyaman saya mah kalo pengap. Nah kalo di PVJ ya ga ada mushalla banget, kalo mau sholat ya keluar komplek PVJ dulu, nah disekitaran PVJ sana baru ada mesjid punya masyarakat kayaknya. Kalo di Kings pengap juga sama, ini mah bukan mushalla tau apa deh namanya, seadanya banget. Kalo di Pasar Baru mah enak ada mesjidnya di atas gedung, jadi ga perlu khawatir kalo lagi belanja terus pengen shalat. Kalo mall BSM sama Ciwalk saya belum pernah ke mushallanya sih, apakah ada atau tidak.  
Jadi menurut saya adanya mushalla di mall itu amat sangat penting sekali. Orang juga kalo pergi ke mall ya ga konsumtif-konsumtif juga kali, kalo gilirannya udah masuk waktu shalat ya pengen shalat dulu lah, baru dilanjut belanja lagi. Nah, fenomena kemarin di mushalla BIP, pas waktu shalat maghrib banyaaakkkk banget yang hendak shalat dari mulai pengunjung sama karyawannya, untung mushallanya gede, bersih, dan nyaman, jadi ketampung deh semua. Itu menunjukkan orang-orang juga ke mall itu ya ga belanja doang kali. Makanya pihak pengelola mall seharusnya membangun fasilitas yang membuat nyaman bagi pegawai dan konsumennya. Kalo pengen mall nya laku, kayaknya perlu dibangun mushalla yang nyaman, bersih dan ga pengap seperti di BIP deh. Hehehe #inibukanpromosi#. Ya mungkin bisa dikatakan mushalla di mall itu sebagai bagian dari CSR nya pengelola mall. Bukan begitu?
Oh ya, beres shalat kita pun nonton film Habibie-Ainun lagi. Nah, walaupun saya sudah tau jalan ceritanya karena sudah pernah nonton minggu kemarin, ehhhh masih nangis juga. Waduhhh cewek cewek. Hehe. Sekian. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hadiah Ulang Tahun dari Anakku

Alhamdulillah syukur tak terhingga atas nikmat-nikmat Alloh yang diberikan hingga detik ini. Alhamdulillah Alloh amanahkan kepada kami anak ...