Minggu, 06 Januari 2013

Toge Goreng

Hai teman-teman yang hobby masak, hari ini saya bikin Toge Goreng loohhh. Toge Goreng ini makanan khas dari Bogor. Walaupun saya bukan orang Bogor, tapi saya orang Indonesia looh hehehe..

Berikut tahapan masak Toge Goreng ala saya:

Persiapkan bahan-bahan:
1. toge (direndam pakai air panas, tiriskan)
2. mie telor (kalo saya sih pake mie instan aja) (rebus, tiriskan)
3. tahu (4-5 potong, mau banyak juga ga apa-apa tergantung selera)
4. tempe (untuk di ulek sebagian dan untuk digoreng sebagian)
5. tauco
6. cabe merah
7. bawang merah
8. bawang putih
9. bawang bombay
10. tomat
11. kecap manis
12. bumbu penyedap
13. air secukupnya
14. minyak goreng

Nah, setelah bahan-bahan lengkap, berikut langkah memasaknya:
1. bawang putih, bawang merah, bawang bombay, tomat, cabe merah, tempe, semuanya diulek. Setelah bumbu semuanya diulek kemudian sisihkan.
2. Lalu goreng tahu dan tempe yang sudah dipotong-potong, sisihkan lagi.
3. Setelah itu bumbu yang tadi diulek goreng deh ke minyak yang udah dipanaskan.
4. Setelah bumbu sudah harum, masukan tauco dan kecap manis, aduk-aduk, kemudian tambahkan air secukupnya, jangan banyak-banyak loohh, ntar encer doongg.
5. Aduk terus sampai merat, kemudian tambahkan bumbu penyedap, gula pasir, garam, secukupnya.
6. Setelah bumbu agak mengental, tapi masih ada sedikit airnya, matikan api nya.
7. Masukan ke piring besar: mie yang telah direbus, toge, tahu dan tempe yang telah di goreng.
8. Kemudian siramkan dengan bumbu yang tasi telah dimasak.
9. Jadi deh, tinggal makan.


Berikut hasil kreasi saya:
                                                                Sebelum disiram bumbu

                                                                Setelah disiram bumbu

Selamat makaaannnnn :D


bisa diliat juga di blog saya yang kompasiana http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2013/01/06/toge-goreng-523016.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hadiah Ulang Tahun dari Anakku

Alhamdulillah syukur tak terhingga atas nikmat-nikmat Alloh yang diberikan hingga detik ini. Alhamdulillah Alloh amanahkan kepada kami anak ...