Sabtu, 05 Januari 2013

BANDINGKAN SEBELUM MEMBELI BARANG DISKONAN

Sebenarnya saya adalah seorang yang tidak terlalu suka berbelanja barang-barang fashion, seperti tas, baju, atau sepatu. Apalagi kalau belanjanya di mall, wah bisa tekor saya karena biasanya barang-barang di mall harganya selalu lebih mahal dari harga pasar hehe. Kok tahu? Ya iya soalnya saya suka ngebanding-bandingin harga barang-barang yang ada di mall, pasar baru, dan pasar gasibu. Jadi, kalau ke mall kerjaan saya cuma window shopping, bandingin harga, sama nonton. Namun terkadang di mall-mall juga seringkali ngasih diskon gede-gede-an, tak tanggung-tanggung diskonnya sampai 70 sampai 80 %, sehingga mau tak mau, naluri saya sebagai seorang perempuan yang lemah iman, melihat diskon yang begitu besar, dan membuat harga menjadi amat sangat miring menjadi tergoda juga untuk membelinya. Eits, tapi jangan sampai lupa diri kalau lagi diskon gede-gede-an, sehingga membuat kita lupa daratan.
Nah, berikut tips berburu barang diskon dan murah ala saya:
1. Jika suatu hari kita melihat barang diskon di mall, jangan dulu langsung membelinya, bandingkan dulu dengan harga di tempat lain (seperti pasar baru, pasar gasibu, dll), sebab bisa jadi harga di tempat lain lebih murah. Kalau di tempat lain, barang tersebut memang tidak ada, atau malah lebih mahal, nah baru deh kita bisa membeli barang tersebut.
2. Kalau di mall, biasanya yang diskon gede-gede-an an ya pas akhir tahun, lebaran, atau natal. Jadi, ga ada salahnya saving budget untuk belanja diskonan di hari-hari besar tersebut.
3. Di mall biasanya ada program mid-night-sale juga, biasanya diskon nya juga ga tanggung-tanggung gede-nya.
4. Toserba seperti Griya, Yogya, ataupun mini market seperti Alfamart biasanya mempunyai koran terbitan mereka sendiri, yang isinya tentang harga-harga barang yang di jual di bulan tersebut, sehingga kita bisa tahu barang-barang mana yang sedang murah, didiskon, atau tidak.
5. Jika sering berbelanja bulanan ke mall, mendingan jadi member nya deh, biar bisa dapat diskon-an kalau sedang belanja, kan lumayan.
6. Oh iya, kalau malas keluar rumah belanja online pun ada kok yang suka diskon-an, ada yang suka diskon tengah malam seperti bhinneka dot com, ada juga yang diskon kalau kita beli barang lebih dari 3 seperti di saqina dot com.
7. Yang terakhir, bijak membeli barang yang memang benar-benar diperlukan.
Segitu dulu ah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hadiah Ulang Tahun dari Anakku

Alhamdulillah syukur tak terhingga atas nikmat-nikmat Alloh yang diberikan hingga detik ini. Alhamdulillah Alloh amanahkan kepada kami anak ...