Minggu, 21 Oktober 2012

YANG MUDA YANG KREATIF


Dalam tulisan ini saya akan membahas peran pemuda dalam berwirausaha dengan caranya yang kreatif. Pemuda dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti orang yg masih muda; orang muda: — harapan bangsa atau orang muda laki-laki; remaja yang akan menjadi pemimpin bangsa. Sedangkan kreatif berarti berfikir out of the box, berfikir berbeda dari orang lain.
Sejak tahun 2000-an, dunia maya alias dunia internet telah menjadi pusat perhatian bagi setiap orang, khususnya para anak muda, karena biasanya para anak muda selalu penasaran dengan hal-hal yang sifatnya baru. Para pemuda ini membuat akun-akun di sosial media yang disediakan oleh layanan internet seperti facebook, twitter, ataupun blog. Sepertinya para anak muda ini tak pernah kehabisan akan ide-ide kreatif yang dimilikinya, termasuk ide kreatif dalam berwirausaha.
Bagi para anak muda yang menyukai dunia wirausaha, keberadaan sosial media di internet ini bisa menjadi ajang promosi bagi usaha yang sedang atau akan mereka rintis. Seperti halnya keripik pedas maicih yang dikelola oleh seorang wirausahawan muda asal Bandung, dia dan tim-nya mempromosikan keripik pedas yang merupakan produk usahanya melalui akun twitter @infomaicih. Dalam akun twitter tersebut, tim maicih mentwit dimana mereka sedang berjualan, misalnya twit yang mereka posting “hari ini sedang gentayangan di jalan dago, depan SMA 1 Bandung”.  Terbukti dengan cara ini tim maicih berhasil menarik perhatian para pembeli supaya para pembeli mencari mereka ke tempat yang diposting melalui Time Line twitter. Oleh karena itu, sebelum membeli hendaklah pembeli memantau terlebih dahulu Time Line @infomaicih supaya bisa mengetahu posisi mereka berjualan.
Lain lagi dengan yang dilakukan oleh anak muda yang bernama Rizki Pratama. Dia merupakan seorang mahasiswa angkatan 2010 yang berhasil menjadi pengusaha kuliner dengan merek dagangnya “Kurisol”. Dia berhasil menjadi pengusaha setelah terinpirasi dari mengerjakan tugas kuliah wirausaha di kampusnya di Bandung. Kurisol terinspirasi dari risol biasa yang kemudian Rizki inovasikan isian risolnya dengan bermacam-macam rasa, seperti rasa original (berisi daging ayam), rasa spicy (daging ayam yang ditambah bumbu pedas), rasa keju, rasa daging sapi, dan berbagai varian rasa lainnya. Untuk mempromosikan produknya tersebut, selain dari sering mengikuti bazar, Rizki juga sering mempromosikan produknya lewat twitter.
Ada lagi teman saya yang membuat aksesoris produk seperti bros, gantungan kunci, bantal, dan boneka yang dibuat dari bahan flanel. Awalnya dia belajar membuat aksesoris tersebut dari internet dan buku cara membuat aksesoris dari bahan flanel. Dari ketekunannya mempelajari proses pembuatan aksesoris tersebut, akhirnya dia berhasil membuat berbagai aksesoris yang disukai oleh para remaja dan anak-anak. Selain memasarkannya secara offline, dia juga memasarkan produknya secara online, sehingga orang lain yang yang memilki keterbatasan jarak, bisa memesannya secara online dan dikirim via pos.
Melihat fenomena diatas, membuat saya berpikir bahwa untuk menjadi kaya disaat muda dapat dilakukan dengan suatu usaha yang namanya berwirausaha, bukan berwirausaha seperti orang kebanyakan, tapi berwirausahalah dengan konsep out of the box, serius dan fokus. Dengan cara seperti itu, membuat para pembeli merasa penasaran dan ingin mencoba apa yang sedang kita pasarkan. So, jadilah anak muda yang kreatif. Dan biar lebih expert, ya kuliah di Prasetiya Mulya Business School doong.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hadiah Ulang Tahun dari Anakku

Alhamdulillah syukur tak terhingga atas nikmat-nikmat Alloh yang diberikan hingga detik ini. Alhamdulillah Alloh amanahkan kepada kami anak ...