Minggu, 31 Mei 2009

Tidak Akan Adil, Kalau Poligami (katanya)

Hari ini saya ikut pengajian, bersama ibu dan kaka ipar..materi hari ini membahas tentang '7 orang yang dinaungi <dilindungi> oleh Alloh..
Nah ke-7 orang itu adalah:
1.pemimpin yg adil
2.pemuda/i yg hidup dalam beribadah kepada Alloh
3.orang yg hatinya <jiwanya> bergantung di mesjid
4.orang yg saling berkasih sayang karena Alloh, berkumpul dan berpisahnya pun karena Alloh
5.orang yg diajak perempuan cantik dan berkedudukan tinggi untuk berzina, maka ia menjawab: saya takut kepada Alloh
6.orang yg bersodaqoh dengan tangan kanannya dan disembunyikannya, sehingga tidak diketahui tangan kiri
7.orang yg ingat Alloh waktu menyendiri, lalu berlinang air matanya <HR BUKHORI>

Lalu apa hubungannya dg poligami? Hubungannya adalah ketika membahas quran surat annisa ayat 129,,di ayat itu diceritakan bahwa seorang laki2 tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istrinya<its mean poligami>, walaupun sang suami tsb ingin sekali berlaku adil thd semua istrinya..
Kita ambil contoh, nabi muhammad ketika telah menikah dg aisyah, kadang menceritakan tt st.khadijah <yg waktu itu telah meninggal>, dan hal itu membuat 'cemburu' aisyah..hal tsb mungkin bisa dijadikan contoh bahwa hati atau perasaan nabi masih condong kepada st.khadijah..
Nah, adil tsb juga bisa dibagi kepada 2 kategori, adil secara lahir dan adil secara batin..bisa dikatakan, adil secara lahir bisa dibagi rata dari 1orang suami kepada banyak istrinya, misalnya pembagian uang bulanan secara merata..but adil secara batin mungkin tidak bisa kali ya, karena hati dan perasaan orang tidak bisa diukur secara matematis ataupun statistik..coba mungkin bisa dilihat orang yg berpoligami senantiasa mempunyai kecenderungan ke salah satu istrinya..pun bila kita melihat orang yg berpoligami nampak adil adil saja kepada istrinya, namun hati sang suami akan lebih cenderung kepada salah satu istrinya, dan seperti telah diketahui bersama bahwa hati orang siapa tahu, karena sukar ditebak..hanya Alloh dan dirinya yg tahu..dan jelas jelas hal tsb telah ditulis di annisa 129.wallohu alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hadiah Ulang Tahun dari Anakku

Alhamdulillah syukur tak terhingga atas nikmat-nikmat Alloh yang diberikan hingga detik ini. Alhamdulillah Alloh amanahkan kepada kami anak ...