Rabu, 11 April 2012

Get Scholarship



Hampir 2 bulan sudah saya tinggal di kota Bandung ini untuk meneruskan studi. Alhamdulillah coretan-coretan nyeletuk saya dahulu kala waktu jaman kuliah sarjana sedang saya jalankan. Coretan nyeletuk itu adalah "menuju S2 di 2010 uy". Hah siapa sangka 2 tahun kemudian hal tersebut terealisasi. Seperti mimpi jadi kenyataan.

Oh ya, saya mendapatkan beasiswa ini dari Kemendikbud. Yah tidak besar sih, tapi cukup bagi saya yang ingin sekolah S2 tapi tidak mau bayar SPP sendiri. Secara ya SPP saya di Pascasarjana UNPAD itu hampir 10 juta persemesternya, belum biaya hidup, belum uang makan, uang buku, bla bla bla. Saya rasanya tak sanggup kalau harus bayar SPP sendiri, apalagi kalau dibayarin SPP sama orang tua saya. Hah untunglah saya dapat beasiswa ini jadi, yang dipikirkan hanyalah biaya hidup saja. Berbeda kalau beasiswa dari Bappenas, kalau Bappenas itu beasiswa nya all in, semua semua nya gratis, tinggal bawa baju doang :). Oh ya, dan sekarangpun saya lagi les bahasa inggris di TBI, program les bahasa ini merupakan salah satu dari komponen beasiswa, alhamdulillah gratis les juga, walaupun pulangnya jadi agak malam :)

Oh ya, sebenarnya untuk mendapatkan beasiswa itu gampang-gampang susah. Setiap hari saya kerjaannya browsing terus nyari-nyari beasiswa, kalau ada yang klop saya apply, tidak hanya satu kali, tapi berkali-kali saya apply beasiswa. Ada yang dipanggil untuk tes, ada yang dikasih surat penolakan, ada yang ga ada kabar, dan sebagainya dan sebagainya.

Pernah suatu hari saya diberitahu untuk tes beasiswa di Yogyakarta. Waduh, its mean saya kudu datang ke Yogyakarta untuk tes, secara yaaa jarak dari rumah saya ke Yogyakarta itu butuh waktu sekitar 12 jam. Okey its ok, tapi nanti saya tidur dimana coba, mana saya pun belum tau tempatnya, yang jelas di Kaliurang.

Okey berbekal ilmu traveling saya, saya browsing kesana kesini mencari penginapan yang murah meriah di daerah Kaliurang, dan BINGO saya dapat nama losmen nya. Dan saya mau nanya angkutan apa yang bisa membawa saya ke losmen tsb ke temen saya yang rumahnya di daerah Yogyakarta.

Mmm, sebetulnya saya punya sih teman di Yogyakarta, tapi udah nikah uy, jadi takut ngeganggu aja sih, dan pas saya kasih tau mau tes disana pun, ga ditawari nginep tuh, lagian baru melahirkan pula, jadi tambah ga enak aja ntar ngerepotin. :)

Dan satu lagi ada temen saya yang juga baru masuk kuliah S2 disana, tapi laki2, masa mau nginep di bukan muhrim hehehe.

Nah, pas diinget-inget mau kesiapa lagi ya saya nanya nama losmen tsb, dan BINGO saya dulu pas jaman sekolah menengah atas punya kaka kelas yang lumayan akrab sama saya, dan dia kuliah di UGM. Udah lulus sih, dan kemungkinan dia udah pindah keluar Yogyakarta.

Akhirnya, saya pun menanyakan nama losmen tsb sama kaka kelas saya itu via fb, karena saya ga punya nomor teleponnya.

Hari ke-2 barulah pesan saya pun dibalas, huihhhhhhh kirain bakal ga dibaca. Pesan saya pun dibalas dengan menyebutkan nama daerah losmen tsb, dan kaka kelas saya bertanya, mau apa ke Yogya, sama siapa. Saya jawab aja mau tes beasiswa dan sendirian. Dan jawaban tidak disangka pun keluar dari sms teteh tsb, ya sudah atuh nanti tidur disini aja, da teteh masih di Yogyakarta ngekost. Dari pada di losmen mending disini, katanya.

Wooowwwww dan horeeeeeeeeee. Semakin yakin saja saya dengan firman Allah dalam surat Al-Insyirah "Sesungguhnya bersama kesukaran ada kemudahan". Dari yang awalnya saya bingung mau tidur dimana, kesana pake apa, dsb, menjadi terang benderang setelah mendapatkan respon dari kaka kelas saya tsb. Itulah indahnya silaturahmi :)

Oh ya, dan kemudian pas saya naik bus malam ke Yogyakarta sendirian, ongkosnya waktu itu lagi naik, karena lagi High Season, jadi we dimahalin. Huuh. Sebenarnya saya takut juga naik bus malam sendirian, tapi mau gimana lagi, saya harus berjuang, harus berkorban, NO PAIN NO GAIN.

Okehh, sekitar jam 6 pagi pun saya pun tiba di perempatan Kaliurang, apalah itu namanya saya lupa ga tahu. Pas saya turun, ehhhh ternyata saya dijemput sama kaka kelas saya tersebut, huaduhhh senangnyaaa, padahal tadinya saya mau ojek aja ke kostannya, hmmm jadi tambah ga enak hati.

Singkat kata saya sudah seger mandi, dan kaka kelas saya tsb mengajak saya jalan-jalan ke Gunung Merapi, asikkkkkkkkkkkkkkk, udah mah numpang segalanya eh diajak jalan-jalan pula. Dan pulangnya saya dianterin ke tempat dimana besok saya akan tes beasiswa, huhh jauh juga yak, ga ada angkot disana, untung dianterin. Makasih teh iin, semoga apa yang diinginkan terwujud ya teh :)

Nah, tapi setelah saya jauh-jauh ke Yogyakarta, saya lolos tes sih, tapi mungkin hasil jawaban saya tidak sebagus yang lain, jadi grade dapat beasiswanya tidak full, cuma dapat separo nya saja. Hmm dan akhirnya saya tidak ambil deh, soalnya ya itu dia, prinsip saya kalo dapat beasiswa minimal kalo untuk SPP harus full gitu hehe, mahal booo.

Okey kalo diceritakan, masih banyak cerita2 saya yang lebih dramatis, termasuk seperti "disepelekan" oleh guru besar ketika wawancara. Hmmm tapi nanti saja deh ceritanya, yang jelas kalau kamu-kamu mau dapat beasiswa, kalau di tolak apply lagi, terus aja sampai bosen, sampai diterima. hehehe. Jangan lupa ya, terus pantau situs beasiswanya, ada banyak kok mulai dari yang dikeluarkan pemerintah sampai swasta, dari negara lain, atau bisa juga tanya teman. Kalau yang dikeluarkan pemerintah yang saya tahu ada dari Dikti, Bappenas, Deplu, Kemenpora, Depkominfo. Kalau dari swasta mah palagi lebih banyak, dari Tonoto, Beswan, dll. Kalau dari negara lain, kamu pantengin aja facebook kedubesnya, banyak kok. Selamat berburu beasiswa yaa, jangan lupa penuhin persyaratannya selengkap-lengkapnya.

Ingat, NO PAIN NO GAIN.

cheers
deani

4 komentar:

  1. selamat yaaaa. ambil S2-nya jurusan apa?

    BalasHapus
  2. teh deaniiiiiiii selamat yaaaaa
    eta hebat ih dapat beasiswa,,,kursus TBI pulaaaa...

    BalasHapus
  3. nengceuuuuuuuuuuuu, dmn neng ayn?

    BalasHapus
  4. mbak ayaaa, aku ngambil ilmu lingkungan :) mksh yaa..

    BalasHapus

Hadiah Ulang Tahun dari Anakku

Alhamdulillah syukur tak terhingga atas nikmat-nikmat Alloh yang diberikan hingga detik ini. Alhamdulillah Alloh amanahkan kepada kami anak ...